Skip to content

KARANG TARUNA JAYA KUSUMA DARI MASYARAKAT OLEH MASYARAKAT UNTUK MASYARAKAT

September 6, 2012

KARANG TARUNA JAYA KUSUMA DARI MASYARAKAT OLEH MASYARAKAT UNTUK MASYARAKAT

 

Karang Taruna berasal dari kata Karang yang berarti pekarangan, halaman, atau tempat. Sedangkan Taruna yang berarti remaja. Jadi Karang Taruna berarti tempat atau wadah pengembangan remaja yang ada di Indonesia. Karang Taruna pertama kali lahir sebagai penyelesaian terhadap masalah sosial generasi muda di kampung melayu tahun 1960 dan secara resmi berdiri di Jakarta tanggal 26 September 1960, yang merupakan organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau kominitas adat sederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Keberadaan Karang Taruna dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama ini, bertumpu pada landasan hukum yang terus diperbaharui sesuai dengan tuntutan, kebutuhan dan perkembangan masalah kesejahteraan sosial serta sistem pemerintahan yang terjadi. Sampai saat ini, landasan hukum yang dimiliki Karang Taruna adalah Keputusan Menteri Sosial RI No. 13/HUK/KEP/l/1981 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Karang Taruna, Ketetapan MPR No. II/MPR/1983 tentang GBHN yang menempatkan Karang Taruna sebagai wadah Pembinaan Generasi Muda, serta Keputusan Menteri Sosial RI No. 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna.

Salah satu Karang Taruna di Indonesia adalah Karang Taruna Jaya Kusuma. Karang Taruna Jaya Kusuma berdiri pada tanggal 13 Maret 2009 di desa Singosaren Banguntapan Bantul Yogyakarta. Nama Jaya Kusuma diambil dari nama salah satu kerabat dari Panembahan Senopati Raja Kerajaan Mataram. Pangeran Jaya Kusuma merupakan salah satu tokoh yang mempunyai karakter pejuang dan dinamis seusai dengan karakter seorang pemuda. Inilah yang menjadikan Jaya Kusuma diabadikan sebagai nama dari organisasi Karang Taruna Desa Singosaren.

Awal gerakan Karang Taruna Jaya Kusuma adalah menyatukan pemuda Singosaren yang selama ini cenderung terpecah di dalam dusun masing-masing. Hal ini menjadikan para kurangnya kekompakan para pemuda yang mengakibatkan konflik di bidang agama, ekonomi maupun sosial di Desa Singosaren. Upaya yang dilakukan Karang Taruna Jaya Kusuma adalah membuka ruang pertemuan antar unit selebar-lebarnya, antara lain rekruitmen pengurus lintas unit dan juga mengadakan berbagai program bersama.

Struktur organisasi Karang Taruna Jaya Kusuma terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara,  tujuh seksi, dan masing-masing seksi mempunyai koordinator. Tujuh seksi itu adalah Sie Humas dan Kemitraan, Sie Kerohanian dan Bina Mental, Sie UKS PM, Sie Usaha Ekonomi Produktif, Sie Pendidikan dan Pelatihan, Sie Olahraga dan Seni Budaya, Sie Lingkungan Hidup dan Kesehatan. Tidak ada wakil ketua di Karang Taruna Jaya Kusuma karena keberadaan wakil dianggap tidak efektif. Peran wakil ketua digantikan oleh ketujuh seksi yang ada.

Ketua Karang Taruna Jaya Kusuma adalah Lisa Lindawati, seorang warga Singosaren Banguntapan Bantul Yogyakarta dan lulusan S2 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada. Wanita yang mempunyai hobi membaca, menonton, menulis dan berteman itu sangat aktif di Karang Taruna Jaya Kusuma.

Visi dari organisasi Karang Taruna Jaya Kusuma adalah mencerdaskan kehidupan pemuda Singosaren pada khususnya dan masyarakat Singosaren pada umumnya, sedangkan misi dari Karang Taruna Jaya kusuma adalah memberikan akses informasi yang seluas-luasnya sebagai bekal untuk memperbaiki kualitas kehidupan, memberikan peluang pendidikan baik formal, informal, maupaun nonformal setinggi-tingginya, memerikan peluang ekonomi yang selear-lebarnya, dan membangun karakter pemuda Singosaren yang berjiwa Pancasila.

Program kerja yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Jaya Kusuma adalah Internet Corner, Sanggar Sinau Bareng, Usaha Ekonomi Produktif, Usaha Kesejahteraan Sosial.

Inti dari pengembangan Internet Corner adalah memberikan akses universal bagi seluruh masyarakat Desa Singosaren dan sekitarnya. Mulai dari anak-anak, remaja, pemuda, hingga orang dewasa. Baik laki-laki maupun perempuan. Mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga menengah keatas. Dari buruh, karyawan, hingga juragan/pengusaha. Mulai dari pedagang, pengrajin, hingga pegawai kantoran. Semuanya mempunyai hak yang sama untuk mengakses informasi melalui jaringan internet. Hak inilah yang menjadi konsentrasi dari Karang Taruna Jaya Kusuma.

 

Ada tiga program yang dikembangkan dari program Sanggar Sinau Bareng. Pertama, pelatihan dan pendampingan ‘Internet Sehat untuk Rakyat’. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait manfaat dan bahaya internet. Kedua, pengembangan taman bacaan sebagai pijakan awal pemanfaatan internet. Dengan demikian, orang yang masih awam dapat membaca terlebih dahulu sebelum mengakses internet. Selain itu, tujuan pengembangan perpustakaan ini juga untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Program kerja Usaha Ekonomi Produktif Unit ini merupakan sebuah ruang untuk pengembangan jiwa wirausaha sekaligus memberikan tambahan pemasukan bagi organisasi. Dengan optimalisasi unit diharapkan Karang Taruna, secara keorganisasian, dapat berjalan dan berdiri secara mandiri. Terlebih jika kemudian unit usaha ini memberikan sumbangsih perekonomian yang riil kepada masyarakat desa.

Usaha Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas utama membantu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) untuk keluar dari permasalahan. Oleh karena itu, Karang Taruna Jaya Kusuma mendekati permasalahan tersebut melalui potensi yang ada.

Sumber dana untuk semua pelaksanaan program kerja Karang Taruna Jaya Kusuma berasal dari dana desa, swadaya pengurus, donasi masyarakat/investor dan hasil usaha Karang Taruna Jaya Kusuma.

Jadi semua kegiatan Karang Taruna Jaya Kusuma sebenarnya dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat Singosaren. Hal itu juga merupakan bagian dari motivasi awal para pengurus Karang Taruna Jaya Kusuma yang prihatin dengan keadaan serta kondisi di kampung halaman mereka. Perlu diketahui pengurus Karang Taruna Jaya Kusuma adalah para pemuda desa Singosaren.

Sumber :

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=20&jd=Apa+Itu+Karang+Taruna%3F&dn=20090526234723

http://www.karangtarunabanten.com/2008/07/pendahuluan_24.html

http://kt-jayakusuma.org

 

#bridgingcourse03

 

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: