Skip to content

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

September 4, 2012

Banyak orang yag mengatakan kalau komunikasi itu tidak perlu dipelajari, apalagi mengambilnya sebagai mata kuliah untuk jenjang pendidikan s1. Alasan sebagian besar orang mengatakan kalau komunikasi itu bukan sebuah ilmu tetapi merupakan sebuah kebiasaan yang harus terjadi di dalam masyarakat. Intinya mereka beranggapan cukup dengan modal mulut dan kelihaian lidah kita dalam bersilat kata dengan orang lain.

Dunia semakin cepat berubah, dalam dua dasawarsa terakhir teknologi sudah sedemikian pesatnya menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Salah satu yang berkembang sangat pesat dan menjadi pemicu dari perkembangan yang ada adalah komunikasi. Dalam perkembangan terakhir dimana dunia informasi menjadi sangat penting dalam aspek kehidupan, maka komunikasipun menjadi bagian yang sangat penting dalam melengkapi kehidupan manusia untuk dapat berinteraksi satu sama lain.

Saya mempunyai cita-cita menjadi seorang komunikator yang baik dan handal terutama di bidang hubungan masyarakat. Handal yang dimaksud dalam arti tidak hanya mengutamakan kemampuan berbicara saja tetapi mempunyai kemampuan berbahasa, beretika, serta menguasai konsep dan memiliki kompetensi di bidang komunikasi yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi dengan baik dan benar. Salah satu usaha yang dapat membantu tercapainya cita-cita saya adalah masuk menjadi mahasiswa di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada.

Universitas Gadjah Mada adalah universitas terkemuka di Indonesia yang mempunyai lulusan-lulusan mahasiswa yang berprestasi. Alasan tersebut menjadikan motivasi saya ingin berkuliah di Universitas Gadjah Mada dan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi sebagai pilihan.

Prospek pekerjaan di bidang komunikasi sangat luas dan banyak di antaranya pekerjaan di bidang hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan. Dalam pekerjaan tersebut komunikasi menjadi pokok penting atau syarat utama seseorang untuk dapat bekerja. Tidak jarang sebagian perusahaan yang berada di bidang tersebut menolak atau tidak menerima pegawai dengan kemampuan berkomunikasi yang dianggap tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan.

Keinginan untuk berkuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi bertambah setelah saudara saya yang notabene lulusan Ilmu Komunikasi menceritakan hal-hal menarik yang dipelajari selama dia berkuliah di jurusan tersebut. Awalnya saya belum mengerti tentang apa saja yang dipelajari di jurusan tersebut, lalu saudara saya malah memberi dorongan serta motivasi untuk berkuliah di jurusan komunikasi. Hal tersebut semakin menambah semangat saya untuk mengisi angket undangan untuk diisi dengan jurusan Ilmu komunikasi.

Mempelajari ilmu komunikasi, adalah berusaha untuk menciptakan makna dan kesan pada suatu pesan yang disampaikan. Juga bagaimana agar pesan tersebut dapat tersampaikan secara efektif. Misalnya pesan yang berusaha disampaikan dalam iklan, televisi, berita, hingga dalam membangun relasi, semua harus didasari basis komunikasi yang efektif. Begitu juga dengan kehidupan manusia sehari-hari.

            Jadi inti dari saya memilih Jurusan Ilmu Komunikasi, karena lulusan Ilmu Komunikasi sangat dibutuhkan di kehidupan masyarakat. Aplikasinya yang dekat dekat dengan keseharian, mempelajari ilmu komunikasi menjadi sangat menyenangkan. Komunikasi disampaikan melalui perantara media. Saat ini, ketergantungan manusia terhadap media sudah sangat tinggi. Fenomena ini juga menjadi lahannya orang komunikasi. Media Massa yang terdiri dari media cetak dan siar maupun media baru yang terdiri dari jaringan internet, social media akan sangat akrab dengan keseharian yang mengambil jurusan ilmu komunikasi. Bahkan dalam pergaulan sehari-hari ilmu yang dipelajari juga sangat bermanfaat untuk diaplikasikan. Tidak ada orang yang tidak butuh berkomunikasi dalam kehidupannya.

#bridgingcourse01

About these ads

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: